Manajemen Pemasaran Industri

Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.
Pemasaran merupakan suatu proses sosial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang dibutuhkan dan inginkan dengan menciptakan, mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
Merupakan analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran guna mencapai tujuan organisasi.
Perbedaan Pemasaran Industri dengan Pemasaran Konsumen
Perbedaan yang meliputi pemasaran industri dan pemasaran konsumen dapat dilihat dengan jelas berdasarkan karakteristiknya seperti karakteristik pemasaran, karakteristik pasar dan karakteristik hubungan antara penjual dan pembeli produk.
Pasar industri adalah semua organisasi yang memberi barang dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang akan di jual, disediakan atau di pasok keperusahaan lain.
Pemasaran Industri
- Karakteristik pasar : Terkonsentrasi secara geografis, pembeli relatif lebih sedikit
- Karakteristik produk : Kompleks, customized
- Karakteristik promosi : Personal selling
- Karakteristik pelayanan : Sangat mementingkan pelayanan dan waktu pengiriman
- Karakteristik harga : Lelang kompetitif dan negosiasi
- Perilaku pembeli : Melibatkan berbagai wilayah fungsional, keputusan pembelian terutama didasarkan pada kinerja
- Saluran distribusi: Lebih langsung
Pemasaran Konsumen
Pasar konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir, yang di maksud adalah semua individu atau rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk pemakaian pribadi.
- Karakteristik pasar : Tersebar secara geografis, merupakan pasar masal
- Karakteristik produk : Lebih standar
- Karakteristik promosi : Lebih ke advertising
- Karakteristik pelayanan : Tidak terlalu mementingkan pelayanan dan waktu pengiriman
- Karakteristik harga : List prices & maximum retail price (MRP)
- Perilaku pembeli : Melibatkan anggota keluarga, Keputusan pembelian lebih didasarkan kepada kebutuhan fisiologis/sosial/psikologis
- Saluran distribusi : Tidak langsung & berlapis