Analisis Perusahaan Eksternal Mikro dan Makro

  Analisis Lingkungan Eksternal Mikro dan Makro
PT. Mayora Indah Tbk

Lingkungan Mikro

a. Pasar

PT. Mayora Indah bergerak dibidang produk makanan ringan dan minuman. Saat ini, PT. Mayora Indah Tbk. memproduksi dan memiliki 6 (enam) divisi yang masing masing menghasilkan produk berbeda namun terintegrasi. Perseroan juga dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman olahan, tetapi juga dikenal sebagai market leader yang sukses menghasilkan produk produk yang menjadi pelopor pada kategorinya masing masing.
 
Saat ini Mayora beroperasi di 6 negara di luar Indonesia, yaitu: Cina, India, Filipina, Thailand, Malaysia dan Vietnam. Mayora keseluruhan telah hadir di total 85 negara di seluruh dunia. 
Sejalan dengan pertumbuhan cepat dan ekspansi, Mayora Group pembuka ke peluang untuk memperluas geografis melalui ekspor.


b. Pemasok

PT. Mayora Indah menghasilkan produk dengan prinsip keselamatan, kualitas, dan keterjangkauan produk, oleh karena itu PT. MAYORA terus mencari kerjasama dengan pemasok bahan baku dan bahan kemasan yang dapat memberikan produk dengan kualitas baik dan layanan dengan harga yang kompetitif.

 

Saat ini, PT. Mayora memiliki sekitar 500 distributor di seluruh Indonesia dan di seluruh dunia. Namun, masih memperluas jaringan distribusi di seluruh dunia.


c. Pesaing

PT. Mayora memiliki banyak pesaing di dalam industri makanan dan biskuit

seperti seperti PT Danone Bicuits Indomesia, PT Ultra Prima Abadi, PT

Nabisco Foods, PT Arnott’s Indomesia, PT General Food Industries, dan

PT   Monde  Mahkota   Biscuit.   PT  Mayora   tetap   mempunyai  keunggulan

karena   menggunakan  bahan   baku   yang  bermutu   dengan   melakukan

penelitian.   Selain  itu,   PT   Mayora  mempunya   mesin   pengemasan  yang

mampu mengemas biskuit dalam jumlah ribuan dalam sejam.



Lingkungan Makro

a. Sosial Budaya

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang tinggi dengan
budaya konsumtifnya, selain itu masyarakat Indonesia juga dikenal sebagai masyarakat yang suka hal-hal yang bersifat instan/mudah dilakukan. 
Hal ini digunakan PT. Mayora sebagai
produsen makanan dan minuman yang memproduksi serta menjual
makanan dan minuman yang instan.


b. Teknologi

PT. Mayora Indah memanfaatkan perkembangan teknologi di dalam proses
produksinya, yaitu pada tahapan pembuatan hingga pengemasan makanan
dan minuman yang dihaslkan dari pabrik PT Mayora yang menggunakan
teknologi tingkat tinggi. Misalkan saja, salah satu mesin pengemasan
biskuit dari Eropa yang dimiliki PT Mayora, mesin tersebut diklaim
sebagai mesin pengemas terbesar di dunia. Di samping menggunakan teknologi mesin yang canggih, PT. Mayora juga mendirikan laporan laboratorium utnuk setiap unit produk yang dihasilkan dangan melakukan penelitian yang tidak hanya pada hasil produk akhir tetapi juga ada bahan baku yang dipergunakan.

c. Politik dan Hukum

Pada bulan Oktober 2012, pemerintah Indonesia melakukan revisi UU
pangan yang juga berkaitan dengan ekspor-impor pangan untuk
memeberikan dukungan lebih kepada produsen industri makanan,
sehingga PT. Mayora Indah tbk. menjalankan strategi untuk meningkatkan produksi
produk-produk yang bernilai tambah sehingga tingkat konsumsi hasil
produksi pangan lokal lebih tinggi dibandingkan konsumsi produk impor.


Comments

Popular posts from this blog

Interaksi Pembeli dan Penjual

Situasi Pembelian Pasar Industri