Interaksi Pembeli dan Penjual


1. Interaksi pembeli dan penjual

Interaksi yang terjadi antara pembeli dengan penjual merupakan bentuk transaksi perdagangan. Ini merupakan bahwa ada interaksi sosial antara penjual dan pembeli.
Interaksi sosial antara penjual dan pembeli terjadi karena hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan menguntungkan. Penjual membutuhkan pembeli untuk membeli barang dagangannya, dan pembeli membutuhkan penjual untuk menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan.
Hal ini sesuai dengan tujuan penjual dan pembeli melakukan interaksi untuk memenuhi kebutuhan atau kepentingan yang sama.


2. Hubungan antara pembeli dan penjual

  • Hubungan yang terjalin karena transaksi
Dengan adanya perubahan waktu dan diikuti dengan persaingan harga produk dari pesaing lain, biasanya pihak penjual memiliki cara sendiri agar pelanggannya tidak beralih pada perusahaan lain.


  • Hubungan karena strategi pemasaran
Setelah target pasar diteliti mana yang akan dikuasai, pihak penjual akan melakukan berbagai macam strategi agar banyak pihak tertarik.


3. CRM ( Customer Relationship Management )


Customer Relationship Management adalah strategi untuk mengelola hubungan dan interaksi organisasi dengan pelanggan dan pelanggan potensial. Sistem CRM membantu perusahaan tetap terhubung dengan pelanggan, mempermudah proses, dan meningkatkan profitabilitas.


Tujuan CRM adalah CRM membantu pengguna fokus pada hubungan organisasi mereka dengan orang-orang individu termasuk pelanggan, pengguna layanan, kolega, atau pemasok. Tujuan CRM lainnya adalah sebagai berikut;

1) CRM sebagai Teknologi: Ini adalah produk teknologi, seringkali di Cloud, yang digunakan tim untuk merekam, melaporkan, dan menganalisis interaksi antara perusahaan dan pengguna. Ini juga disebut sistem atau solusi CRM.

2) CRM sebagai Strategi: Ini adalah filosofi bisnis ‘tentang bagaimana hubungan dengan pelanggan dan pelanggan potensial harus dikelola.

3) CRM sebagai Proses: Pikirkan ini sebagai sebuah sistem yang diadopsi oleh bisnis untuk memelihara dan mengelola hubungan tersebut. CRM memungkinkan bisnis untuk memperdalam hubungannya dengan pelanggan, pengguna layanan, rekan kerja, mitra, dan pemasok. Menjalin hubungan baik dan melacak 

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Perusahaan Eksternal Mikro dan Makro

Situasi Pembelian Pasar Industri